Belajar Sambil Nge-game, Mungkinkah?

 Sobat Gen Gemilang, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung dua tahun berakibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Salah satunya pada kegiatan pembelajaran di sekolah kita. PPKM identik dengan belajar jarak jauh.  Kamu yang di rumah dan masuk sekolahnya hanya sebentar tentu banyak yang akrab dengan gawai. Digunakan untuk apa saja gawaimu? Untuk belajar? Ataukah malah nge-game?

Nah, Kamu harus tahu, di era digital ini, Kamu dapat belajar melalui game. Nggak percaya? Simak ulasan berikut!

Seperti yang kita ketahui, beberapa guru sudah menggunakan Quizizz untuk pembelajaran, ataupun ulangan. Iya, Quizizz adalah sebuah gamification learning platform. Mudahnya, Quizizz adalah salah satu fasilitas mengalihkan materi pembelajaran ataupun soal menjadi game. Ini contohnya: https://quizizz.com/join?gc=51386133

Sobat Gen Gemilang, dari mana Quizizz berasal? Yess, ternyata Quizizz dikembangkan di India. Quizizz dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh maupun blended learning. Menurut manajer Quizizz Indonesia, Quizizz saat ini memiliki sekitar 65 juta pengguna aktif bulanan dengan 13 juta pengguna aktif di Indonesia. Pengguna utama Quizizz adalah pelajar jenjang TK-SMA. Meski demikian Quizizz kini mulai digunakan oleh kalangan perguruan tinggi, perkantoran, hingga umum.


Meskipun kita telah masuk babak baru pandemi dengan dimulainya belajar tatap muka terbatas, penggunaan aplikasi pembelajaran masih perlu dilakukan. Apalagi jika pengambil kebijakan pendidikan masih menerapkan pembelajaran jarak jauh. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi guru-guru kita. Pembelajaran jarak jauh menuntut para guru harus semakin kreatif agar pembelajaran tidak membosankan.

Sobat Gen Gemilang, bagi kita, para siswa, pembelajaran jarak jauh juga menjadi sebuah tantangan tersendiri saat pandemi. Aktivitas yang hanya dilakukan di rumah akan mudah memicu rasa bosan. Rasa bosan saat terlalu lama berada di rumah  dapat memicu stres, rasa kesepian, kecemasan, serta depresi. Rasa bosan saat terlalu lama di rumah disebabkan oleh kurangnya tantangan karena tidak dapat bertemu dan bermain dengan orang baru.

Namun kemajuan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir rasa bosan karena sistem pembelajaran jarak jauh. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembelajaran yang interaktif. Salah satunya adalah Quizizz. Quizizz adalah media belajar online yang dapat dimanfaatkan agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Melalui Quizizz, guru dapat membuat ataupun menggunakan template pertanyaan yang telah disediakan sebagai bahan penilaian.



Sobat Gen Gemilang, Quizizz sangat mudah digunakan. Quizizz dapat diakses melalui web browser, ataupun diunduh di play store dan diinstal di HP kita. Bahkan saking mudahnya Quizizz ini dapat digunakan oleh siswa TK hingga mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banyak orang ketagihan Quizizz karena dengan Quizizz pembelajaran semakin menyenangkan. Pemilik soal dapat menambahkan gambar pada setiap mata pelajaran ataupun menggunakan meme atau gambar lucu pada setiap pertanyaan.

Sobat Gen Gemilang, selain Kamu dapat mengerjakan tugas dari gurumu, Kamu juga dapat menemukan materi atau soal lain di Quizizz. Semua soal dapat kamu mainkan dengan asyik seperti game pada umumnya. Hanya saja, dengan nge-game di Quizizz, Kamu akan menjadi pintar.

Jadi, kenapa kamu tidak membuka Quizizz? Takut pintar ya? Nih ada lagi, https://quizizz.com/join?gc=39327509


Nah, Sobat Gen Gemilang, sekian dulu ulasan tentang gamifikasi pembelajaran. Semoga bermanfaat ya?

(Sarindi, SDN Sengi 2 Kecamatan Dukun untuk dikirim ke Edu tekno Gen Gemilang, Februari 2022)

 

Tolong, tulisan dengan type tebal atau miring juga ditampilkan di print out majalah seperti aslinya (tetap tebal atau miring)

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak